BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Islam
adalah ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muhamad Saw untuk menyempurnahkan
agama yang telah ada sebelumnya. Islam dikenal dengan rahmatal lil alamin nya,
dimana Allah tuhan pencipta alam semesta hanya mengakui islam sebagai satu-satu
nya agama yang mendapat dan karunia dari Allah SWT.
Islam
pada zaman Nabi dahulu berkembang secara perlahan-lahan, tidak semua bangsa
arab langsung menerima kedatangan islam dengan suka cita. Hal ini terjadi
karena sebagian besar masyarakat arab adalahkaum kafir Qurasy dimana kesaharian
mereka beribada menyembah berhala. Islam masuk dengan cara damai dan tidak
membutuhkan banyak syarat seperti agama lainya tapi hal ini malah menjadikan
bumerang bagi bangsa arab yang bergerak hatinya untuk memeluk dan meyakini
islam sebagai agamnya.
Islam adalah agama yang suci dan
murni karena bagi pemeluk agama islam mereka memiliki sebuah kitab suci
Al-Qur’an yang merupakan kitab penyempurnah dari kitab sebelumnya. Di dalam
Al-qur’an itu sendiri terdapat berbagai ilmu pengetahuan yang bisa dimanfaatkan
oleh umat islam untuk dipelajari dan diambil manfaatnya untuk kehidupan mereka
sehari-hari.
Tak heran, ketika masa nabi Muhamad
banyak para cendiakawan-cendiakawan muslim yang menyumbangkan ide dan pikiran
mereka untuk kehidupan masyarakat islam. mereka berpedoman kepada Al-Qur’an
yang merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhamad. Perkembangan ilmu
pengetahuan pada masa dinasti bani umayah dimana dikenal kisah 1001 malam yang
berpusat di kota bagdad, irak yang menceritakan pemerintahan islam yang amat
teroganisar dan berjaya dengan ilmu pengetahuanya yang canggih.
Islam terus mengembangkan sayapnya
di berbagai bidang yang merupakan sendi dari setiap kehidupan manusia,
contohnya saja saat sekarang ini perkembangan peradapan islam dapat di rasakan
dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Hal ini tidak bertahan lama, karena
islam mulia mengalami kemerosotan di berbagai bidang sehingga para penemu dari
islam kalah pamor
dibandingkan penemu eropa yang
sebenarnya mereka mempelajari ilmu yang mereka dapat itu dari Al-Qur’an .
Maka
dari tahun 1800 M samapai sekarang dikenalah dengan masa pembaharuan islam.
masa pembaharuan ini ditandai dengan adanya kesadaran umat islam terdapat
kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk memperoleh kemajuan dari berbagai
bidang, contohnya saja dalam bidang pendidikan, dan teknologi . pada
pembaharuan inilah munculah kembalih tokoh-tokoh pemikir dalam kalangan islam
dari berbagai negara islam.
Pada
awal masa pembaharuan ini kondisi dunia islam sebenarnya berada pada zona
kilonialisme dimana pengaruh barat amat mendominasi kehidupan di duia ini. Pada
pertengahan abad ke-20 M lah islam mulai berdiri bangkit dari pengaruh
kolonialisme barat.
Pada
pembahasan ini akan tampak apa saja perkembangan islam pada masa modern yang
dapat diteladani dan dijadikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari di
tengah kuatnya arus budaya globalisasi yang mengakibatkan manusia bisa lupa
akan kodratnya sebagai makhluk ciptaan tuhan yang harus menyeimbangkan antara
kehidupan didunia dan diakhiratnya.
B.Rumusan Masalah
Islam pada dasarnya cepat diterima bagi
masyarakat baik dari segi tata cara beribadah, pengetauhan ataupun teknologi,.
Namun, menghadapi kemajuan zaman pada abad sekarang ini islam mulai mengalami
kemunduran dar berbagai bidang. Hanya sedikit tokoh islam yang bisa bersaing
dengan pemikir dari barat. Oleh karena itulah pada pertengahan abad ke-20 M
dikenal dengan pembaharuan islam.
1.
Apa saja contoh dari pembaharuan peradaban islam?
2.
Siapa saja tokoh dari pembaharuan tersebut?
3.
Apa saja bukti-bukti nyata dari proses pembaharuan islam
tersebut?
C.Tujuan Penulisan
1. Mengetahui contoh-contoh dari
periode pembaharuan islam pada pertengahan abad ke-20 M.
2. Mengetahui tokoh-tokoh yang memilki
peranan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan islam.
3. Mengetahui bukti nyata dari
pembaharuan islam yang bisa di buktikan keaslihanya.
4. Mengambil manfaat dari adanya
pembaharuan islam pada berbagai bidang dalam kehidupan agar menjadikan kita
sebagai manusia yang menghargai dan menghormati akan karya dari orang lain.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Sekilas Tentang Dunia Islam Pada Masa Modern
Benturan-benturan
antara islam dengan kekuatan eropa menyadarkan umat islam bahwa jauh tertinggal
dengan eropa dan yang merasakan pertama persoalan ini adalah kerajaan turki
usmni yang langsung menghadapi kekuatan eropa yang pertma kali. Kesadaran
tersebut membuat penguasa dan perjuangan-perjuangan belajar dari eropa.
Guna pemulihan kembali kekuatan
islam, maka mengadakan suatu gerakan pembaharuan dengan mengevaluasi yang
menjadi penyebab mundurnya islam dan mencari ide-ide pembaharuan dan ilmu
pengetahuan dari barat. Gerakan pembaharuan tersebut antara lain:
a. Geraka wahabiyah yang diprakarsai
oleh muhammad ibn abdul wahab( 1703-1787 M) di arabia, syah waliyullah
(1703-1762) M di india dan gerakan sanusiyah di afrika utara yang dikomandoi
oleh said muhammad sanusi dari Al jazair.
b. Gerakan penerjemahan karya-karya
barat kedalam bahasa islam dan pengiriman para pelajar muslim untuk belajar ke
eropa.
Dalam gerakan pembaharuan sangat
lekat dengan politik. Ide politik yang pertama muncul yaitu pan islamisme atau
persatuan islam sedunia yang digencarka oleh gerakan wahabiyah dan sanusiyah,
setelah itu diteruskan dengan lebih gencar oleh tokoh pemikir islam yang
bernama jamaludin Al afgani ( 1839-1879).
Menurut jamaludin, untuk pertahanan
islam, harus meninggalkan perselisihan dan berjuang di bawah panji bersama dan
juga berusaha membangkitkan semangat lokal dan nasional negeri-negeri islam.
dengan ide yang demikian , ia dikenal atau mendapat julukan bapak nasionalisme
dalam islam.
Gagasan
atau ide pan islamisme yang digelorakan oleh jamaludin disambut oleh raja turki
usmani yang bernama Abd.Hamid II ( 1876-1909) dan juga mendapat sambutan yang
baik di negeri-negeri islam.
akan tetapi setelah turki usmani
kalah dalam perang dunia pertama dan kekhalifahan dihapuskan oleh musthofa
kemal seorang tokoh yang gagasan nasionalisme, rasa kesetian kepada negara
kebangsaan.
Di
wilayah mesir,syiriah, libanon, hijaz, afrika utara, bahrein dan kuwait,
nasionalismenya bangkit dan nasionalisme tersebut terbentuk a tas dasar
kesamaan bahasa. Dalam penyatuan penyatuan negara arab dibentuk suatu liga yang
bernama liga arab yang didirikan pada tanggal 12 maret 1945.
Di
india terbentuk gerakan nasionalisme yang diwakili oleh partai kongres nasional
india dan juga dibentuk komunalisme yang digagas oleh komunalisme islam yang
disuarakan oleh liga muslimin yang merupakan saingan bagi partai
kongresnasional. Di india terdapat pembaharuan yang bernama sayyid ahmad khan (
1718-1898) iqbal ( 1876-1938 ) dan muhammad ali jinnah 9 1876-1948 ).
Di indonesia, terdapat pembaharuan
atau partai politik besaryangmenentangpenjajahan diantaranya.
a. sarekat islam(S I) di pimpin oleh
HOS Tjokroaminoto berdiri pada tahun 1912 dan merupakan kelanjutan dari sarekat
dagang islam yang didirikan oleh H. Samanhudi tahun 1931.
b. partai nasional indonesia ( PNI)
didirikan oleh sukarno 1927
c. pendidikan muslimin indonesia (
PNI-baru) didirikan oleh muhammad hatta pada tahun 1931
d. persatuan muslimin indonesia (PERMI0
menjadi partai polotik tahun 1932 yang dipelopori oleh mukhtar lufhi.
Munculnya gagasan nasionalisme yang
di diiringi oleh berdirinya partai-partai politik tersebut merupakan asset
utama umat islam dalam perjuangna untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas
dari pengaruh politik barat. Sebagai gambaran dengan nasionalisme dan
perjuangan politik yang penduduknya mayoritas muslim adalah indonesia,
indonesia ,erupakan negara yang mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamirkan
kemerdekaan yaitu tanggal 17 agustus 1945. Negara kedua yang terbebas dari
penjajahan yaitu pakistan. Merdeka tanggal 15 agustus 1947 dengan presiden
pertamanya ali jinnah.
Di
wilayah timur tengah, mesir resmi merdeka pada tahun 1992 dan benar-benar
merdeka pada tanggal 23 juli 1952 dengan pemimpin pemerintahan yang bernama
jamal abd naser, irak merdeka tahun 1932, tetapi rakyatnya merasa merdeka baru
tahun 1958 dan negeri lain seperti jordania, syiria dan libanon merdeka pada
tahun 1946.
Di afrika, lybia merdeka pada tahun
1962 ,sudan, maroko, merdeka tahun 1956 M, aljazair tahun 1962. Negara lain
yang merdekanya hampir bersamaan seperti negara yaman utara, yaman selatan, dan
emirat arab.
Di
asia tenggara, malayasia. Singapura merdeka tahun 1957 dan brunai darusalam
merdeka pada tahun 1984, selain itu, negara islam yang dahulunya bersatu dalam
uni soviet seperti turkmenia, uzbekistan, kirghistan, khazakhtan tajikistan dan
azerbaijan dan bosnia baru merdeka pada tahun 1992.
B.Perkembangan Islam Pada Masa Modern
Menjelang pada awal-awal masa pembaharuan
yaitu sebelum dan sesudah tahun 1800 M, umat islam di berbagai negara telah
banyak menyimpang dari ajaran islam yang bersumber kepada al-alqur’an dan
hadits. Penyimpangan itu terdapat dalam hal:
a.
Ajaran islam tentang ketauhitan telah becampur dengan ke
musyirikan. Hal ini di tandai dengan banyaknya umat isalam menyembah selain
kepada allah swtjuga memuja kepada makanan atau tempat yang dianggap keramat
dan bahkan memintah tolong dalam urusan gaib kpada dukun yang dianggap sakti.
b.
adanya kelompok umat islam yang hidup di dunia ini hanya
mementingkan urusan dunia saja tanpa mengindahkan kepntingan akhirat. Mereka
beranggapan bahwa apa yang mereka dapatka di dunia ini dapat mengekalkan
kehidupan mereka. Selain dari pada itu, banyak umat islam yang menganut paham
fatalisme yaitu paham yang mengharuskan berserah diri kepada nasip dan tidak
perluh beriktiar karena hidup manusia dikuasai dan ditentuka oleh nasib.
Karena
adanya penyimpangan-penyimpangan pada ajaran islam mendorong lahirnya tokoh
pembaharu yang berusaha menyadarkan umat islam
agar
kembali kepada ajaran yang bersumber kepada ajaran al-qur’an dan hadits. Tokoh
pembaharu itu adalah:
a.
Muhammad bin abdul wahab yaitu ulama besar yang produktif
yang lahir di nejed arab saudi salah satu kitabnya yaitu kitab tauhid, sebuah
kitab yang berisi tentang mengesahkan allah swt dengan membasmi praktek-praktek
tahayul, bid’ah khurafat yang ada pada umat islam dan mengajak untuk kembali ke
ajaran tauhid yanag sebenarnya. Gerakan pembaharuan abdul wahab tersebut di
jenal dengan gerakan wahabiyah.
b.
Rif’ah badawi rafi’ at tahtawi yang lahir di tahta merupakan
pembaharu islam yang pemikiranya yaitu mnyeruhkan kepada umat islam agar
menyimbangkan antar dunia dan akhirat.
c.
Jamaludin alafgani yang lahir di asadabad dengan pemikiran
pembaharunya adalah supaya umat islam kembali pada ajaran islam yanga
murni.kepemimpinan otokrasi supaya di ubah mewujudkan kemajuan masyarakat islam
yang dinamis agar kaum bekerja sama dengan kaum pria dan grakan pan islamisme
yaitu penyatuan seluruh umat islam.
d.
Muhammad abdu yaitu pembaharu islam islam di mesir penerus
dari gerakan wahabi dan pan islamisme. Beliau bersama muridnya yang bernama
mahammad rasyid rida menerbitkan jurnal “ al urwatu wustqa” selain itu
muhammad abdu juga menyusun kitab yang berjudul “ ar risalah at tauhid”.
e.
Sayid qutub yaitu ulama dan tokoh gerakan pembaharuan yang
menylaraskan antara urusan akhirat dengan urusan duniawi yusuf qardhawi
menekankan perbedaan anatara modernisasi dengan pembaratan.
f.
Sir sayid akhamad khan lahir di delhi india adalah pembaharu
yang produktif dengan berbagai karya diantaranay tarikhi sarkhasi bignaur
berisi catatan kronoli pemberontakan di bigur, asbab baghawat hind, the causs
of the indian revolt ( sebab-sebab revolusi india , risalat khair khawalan
musulmun risalah tentang orang-orang yang setia, dan akhkam ta’aam ahl al kitab
hukum memakan makanan ahli kitab. Selain itu beliau juga mendirikan skolah
inggris di mudarabad, sekolah muslim university the scientific lembaga
penerjemah IPTEK ke bahasa urdu serta menerbitkan majalh bulanan tahzib
al akhlaq dan lain-lain.
g.
Muhammad iqbal yaitu seorang muslim india dengan karyanya th
reconstruction of regelius though in islam ( ppembangunan kembali pemikiran
keagamaan dalam islam)
C.Perkmbangan Ajaran Islam, Ilmu
Pengetahuan , Kebudayaan.
1.pada Bidang Akidah
Salah
satu pelopor pembaharuan dalam dunia arab adalah suatu aliran yang bernama
wahabiyah yang sangat berpengruh di abad ke-19. Pelopornya adalah muhammd abdul
wahab ( 1703-17870 yang berasal dari nejed, saudi arabia. Pemikiran yang di
kemukakan oleh muhammad abdul wahab adalah uapayah memperbaiki kedudukan umat
islam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan
uamat islam saat itu. Paham tauhid mereka telah bercampur aduk oleh
ajaran-ajaran tarikat yang sejak abad ke-13 tersebar luas di dunia islam.
Masalah
tauhid memang merupakan ajaran yang paling dasar dalam islam. Oleh karena itu,
tidak mengherankan apabila muhammad abdul wahab memusatkan perhatian pada
persoalan ini. Ia memiliki pokok-pokok pemikiran sebagai berikut:
a. yang di sembah adalah allah swt dan
orang yang menyembah selain dari Nyaa telah dinyatakan sebagai musrik.
b. kebanyak orang islam buakn lagi
penganut paham tauhid yang sebenarnya karena mereka memintah pertolongan bukan
kepada allah,
c. melainkan kepada syekh, wali atau
kekuatan gaib. Ornag islam yang berprilaku demikian juga dinyatakan sebagia
musrik.
d. menyebut bama nabi, syekh tau
malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan sebagi syirik.
e. tidak percaya kepada qada dan qadar
allah merupakan kekufuran.
f.
menafsiarkan al-qur’an dengan takwil atau interprestasi bebas
juga termasuk kekufuran.
Untuk mengembalikan kemurnian tauhid
tersebut, makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat,
keberuntungan dan lain-lain sehingga membawa kepada paham syirik, mereka
usahakan untuk dihapuskan. Pemikiran-pemikiran pembaharuan di abad ke-19 adalah
sebagai berikut:
a. hanya al-qur’an dan hadits yang
merupakan asli ajaran isam pendapat ulama bukanlah sumber.
b. taklid kepada ulama tidak
dibenarkan.
c. pintu ijtihad senantiasa terbuka dan
tidak tertutup.
Muhammad abdul wahab merupakan
pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikiranya. Ia mendapat dukungan ibn
su’ud dan putranya abdul aziz di nejed. Paham-paham muhammad abdul wahab
tersebar luas dan pengikutnya bertambah banyak sehinggah di tahun 1773 M mreka
dapat menjadi mayoritas di ryadh. Di tahun 1787, belia meninggal dunia tetapi
ajaran-ajaranya tetap hidup dan mengambil bentu aliran yang dikenal nama
wahabiyah.
2.pada bidang ilmu pengetahuan
Islam
merupakan agama yang sangat mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena
itu, islam menghendaki manusia menjalankan yang didasarkan rasional atau akal
dan iman. Ayat-ayat al-qur’an banyak memberi tempat yang lebih tinggi kepada
orang yang memiliki ilmu pengetahuan,
islam pun menganjurkan agar manusia
jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah dimilikinya karena berapapun
ilmu dan pengetahuan yang dimilki itu, masih belum cukup untuk dapat menjawab
pertanyaan atau masalah yang ada di dunia. Firman allah swt:
Artinya:” dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut menjadi
tintah,di tambahkan kepada tujuh luaut(lagi) sesudah 9kring0nya, niscaya tidak
akan habis-habisnya(dituliskan) kalimat allah. Sesungguhnya allah maha perkasa
lagi maha bijaksana.( QS luqman:27
Ajaran
islam tersebut mendapat respon yang positif dari para islam sejak zaman klasike
( 650-1250 M0, zaman pertengahan ( 1250-1800) hinggah periode islam. Jatuhnya
mesir ke tangan barat menyadarkan umat islam bahwa di barat telah timbul
peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi islam. Raja-raja
dan pemuka-pemuka islam mulai memikirkan cara untul meningkatkan mutu dan
kekuatan umat islam.
Sebenarnya
pembaharu dan perkembangan ilmu pengetahuan telah di mulai sejak periode
pertengahan, terutama pada masa kerajaan usmani. Pada abad ke-17, mulai terjadi
kemunduran khususnya ditandai oleh kekalahan-kekalahan yang di alami melalui
peperangan melawan negara-negara eropa. Peristiwa tersebut diawali dengan
terpukul mundurnya tentara usmani ketika dikirim untuk menguasai wina pada
tahun 1683. Kerajaan usmani menyerahkan hungarai kepada australia, daerah
podolia kepada polandia, dan azow kepada rusia dengan perjanjian carlowiz yang
ditanda tangani tahun 1699.
Kekalahan
yang menyakiti ini mendorong raja-raja dan pemuda-pemuda kerajaan usmani
mengadakan berbagai penelitian untuk menyelidiki sebab-sebab kekalahn mereka
dan rahasia keunggulanlawan. Mereka mulai memperhatikan kemajuan eropa ,
terutama prancis sebagai negara yang terkemuka usmani. Orang-orang eropa yang
selama ini dipandang sebagai kafir dan rendah mulai dihargai.
Bahkan,
duta-dutapun dikiriim ke eropa untuk mempelajari kemajuan berbagai disiplin
ilmu serta suasana dari dekat. Pada tahun 1720, celebi memed di angkat sebagai
duta di prancis dengan tugas khusus mengunjungi pabrik-pabrik, benteng-benteng
pertahanan, dan institusi-institusi lainya mengunjungi pabrik-pabrik,
benteng-benteng pertahanan,dan institusi-institusi lainya serta memberi laporan
tentang kemajuan thnik, organisasi angkatan perang modern, rumah sakit,
observatorium, peraturan, karantina, kebun binatang, adat istiadatdan lain
sebagainya seperti ia lihat di prancis. Di tahun 1741 M anaknya, said memed
dikirim pula ke prancis.
Laporan-laporan
ke dua duta ini menarik perhatian sultan ahmad III(1703-1730) untuk memulai
pembaharuan di kerajaan usmani. Pada tahun 1717 M. Seorang perwira prancis
bernama de rochefart datang ke istabul dengan usul membntuk
suatu korps artlti tentara usmani berdasarkan ilmu-ilmu kemiliteran modern. Di
tahun 1729, datang lagi seorang perancis yakni comte de boneval yang kemudian
masuk islam dengan nama baru humbaraci pasya.ia bertuga melatih tentara usmani
untuk memakai alat-alat ( meriam ) modern. Untuk menjalankan tugas ini, ia
dibantu oleh macarthy dari irlandia, ramsay dari skotlandia dan mornai dari
prancis. Atau usaha ahli-ahli eropa inila , tahtik dan tehnik militer, modern
pun dimasukan ke dalam angakatan perang usmani. Maka pada tahun 1734 M, dibuka
sekolah tehnik militer untuk pertama kalinya.
Dalam
dalam non militer, pemikiran usaha pembaharu di cetuskan oleh ibrahim
mutafarika ( 1670-1754 ). Ia memperkenalkan ilmu-ilmu pengetahuan modern dan
kemajuan barat kepada masyarakat turki yang disertai pula oleh usaha
penerjemahan buku-buku barat ke dalam bahasa turki. Suatu badan penerjemahan
yang terdiri atas 25 orang anggota dibentuk pada tahun 1717 M.
Sarjana
atau filsuf islam yang termasuk, baik di dunia islam atau barat ialah ibnu sina
( 1031 M ) dan ibnu rusyd ( 1670-penyair lirik hafiz( 1389) M yang dijuluki
lisan al gaib atau suara dari dunia gaib, sangat dikenal luas itu. Kaum muslim
memiliki banyak sekali tokoh-tokoh pembaharu yang pokok-poko pemikirannya
maupun jasa-jasanya di berbagai bidang telah memberikan sumbangsih bagi umat
islam di dunia. Beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan atau
islam di dunia.
Beberapa tokoh yang terkenal dalam
ilmu pengetahuan atau pemikiran islam tersebut antara lain sebagai berikut.
1.Jamaludin al gafni ( iran
1838-turki 1897 )
Salah satu sumbangan terpenting di
dunia islam diberikan oleh sayid jamaludin al afgani. Gagasannya mengilhami
kaum muslim diturki, iran, mesir dan india meskipun sangat anti imperialisme
eropa, ia mengagungkan pencapaian ilmu pengetahuan barat. Ia tidak melihat
adanya konstradiksi antara islam dan ilmu pengetahuan. Namun, gagasanya untuk
mendirikan sebuah universitas yang khusus mengajarkan ilmu pengetahuan modern
di turki menghadapi tantangan kuat dari para ulama, pada akhirnya ia diusir
dari negara tersebut.
2.Muhammad Abdu
Guru dan murid tersebut sempat
mengujungi beberapa negara eropa dan amat terkesan dengan pengalaman mereka
disana. Rasyd rida mendapat pendidikan islam tradisional dan menguasai bahasa
asing ( perancis dan turki ) yang menjadi jalan masuknya untuk mempelajari ilmu
pengetahuan secara umum. Oleh karena itu, tidak sulit bagi rida untuk
bergabungdengan gerakan pembaharu al afgani dan muhammad abduh di antaranya
melalui penerbitan jurnal al urwah al wustha yang diterbitkan di paris
dan disebarkan di mesir. Muhammad abduh sebagaimana muhammad abdul wahab dan
jamaludin al afgani, berpendapat bahwa masuknya bermacam bid’ah ke dalam ajaran
islam membuat umat islam lupa akan ajaran-ajaran islam yang sebenarnya. Bid’ah
itulah yang menjauhkan masyarakat islam dari jalan yang sebenarnya.
3.Toha husen ( mesir selatan
1889-1973)
Toha husein adalah seorang sejarawan
dan filsuf yang amat mendukung gagasan muhammad ali pasya. Ia merupakan
pendukung mordenisasi yang gigih. Pengapsian terhadap ilmu pengetahuan modern
tidak hanya penting dari sudut nilai praktis ( kegunaan )nya saja, tetapi juga
perjwujud suatu kebudayaan yang amat tinggi pandanganya dianggap sekularis
karena mengunggulkan ilmu pengetahuan.
4.Sayid qutub ( mesir 1906-1966) dan
yusuf al qardawi
Al qadarwi menekankan perbedaan
mordenisasi dan pembaratan. Jika mordenisai yang dimaksud bukan berarti upaya
pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan morden serta
penerapan teknologinya, islam tidak menolaknya bahkan mendukungnya. Pandangan
al qardawi ini cukup mewakili pandangan mayoritas kaum muslim. Secara umum,
dunia islam relatif terbuka untuk menerima ilmu pengetahuan dan teknologi
sejauh memperhitungkan manfaat praktisnya. Pandangan ini kelak terbukti dan
tetap bertahan hingga kini di kalangan muslim.Akan tetapi, dikalangan pemikir
yang mempelajari sejarah dan fisika ilmupengetahuan, gagasan seperti ini tidak
cukup memuaskan mereka.
5.Sir ahmad khan ( india 1817-18987
)
Sir sayid khan adalah pemikir yang
meneruhkan saintifikasi masyarakat muslim. Seperti halnya al afgani, ia
menyeruhkan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan modern. Akan tetapi,
berbeda dengan al afgani ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi modern. Kekuatan pembebas itu antara lain meliputi
penjelasan mengenai aatu peristiwa dengan sebab-sebabnya yang bersifatfisik
materiil. Di barat, nilai-niali ini telah membebaskan yang sama, ahmad khan
merasa wajib membebaskan kaum muslim dengan melenyapkan unsur yang tidak ilmiah
dari pemahaman terhadap al qur’an. Ia amat serius denagn upayahnya ini antara
lain dengan menciptakan sendiri metode baru penafsiran al qur’an. Hasilnya
adalh teelogi yang memiliki karakter atau sifat ilmiah dalam tafsir al qur’an.
6.Sir muhammad iqbal (punjab
1873-1938)
Generasi awal abad ke-20 adalah sir
muhammad iqbal yang merupakan salah seorang muslim pertama di anak benua india
yang sempat m,endalami pemikiran barat modern dan mempunyai latar belakang
pendidikanyang becorak tradiosional islam. Kedua hal ini mucul dari karya
utamanya di tahun 1930 yang berjudul the reconstruction of regelius thought in
islam (pembangunan kembali pemikiran keagamaan dalam islam). Melalui penggunaan
istilah recontruction.
ia mengungkapkan kembali pemikiran
keagamaan islam dalam bahasa kodern untuk dikomsumsi generasi baru muslim yang
telah berkenalan dengan perkembangan mutahir ilmu pengetahuan dan filsafat
barat abad ke-20.
D.perkembangan Kebudayaan Pada masa pembaharuan
Bangsa
turki tercatat dalam sejarah islam dengan keberhasilannya mendirikan dua
dinasti turki salju dan dinasti turki usmani. Di dunia islam, ilmu pengetahuan
medern mulai tantangan nyata sejak akhir abad ke-18, terutama sejak napeleon
bonarparte menduduki mesir pada tahun 1798 dan semakin meningkat setelah
sebagian besar dunia islam menjadi wilayah jajahan atau dibawah pengaruh eropa.
Akhirnya serangan kekalahan berjalan hingga memuncak dengan jatuhnya dinasti
usmani di turki. Proses ini terutama disebabkan ali memainkan peranan penting
dalam kampanye militer melawan perancis. Ia diangkat oleh pengusaha usmani
menjadi pasya pada tahun 1805 dan memerintah mesir hingga tahun 1894.
Buku-bulu
ilmu pengetahuan dalam bahasa arab diterbitkan. Akan tetapi,saat itu terdapat
kontroversial percetakan pertama yang didirikan di mesir ditentang oleh para
ulama karena salah satu alatnya menggunakan kulit babi. Muhammad ali pasya
mendirikan beberapa sekolah tehnik dengan guru-gurunya dari luar negaranya. Ia
mengirim lebih dari 4000 pelajar ke eropa untuk mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Kebudayaan
turki merupakan perpaduan antara kebudayaan persia, bizantium dan arab. Dari
kebudayaan persia, mereka banyak menerima ajaran-ajaran tentang etika dan
tatakrama dan teknologi.
Prinsip kemiliteran mereka dapatkan
dari bizantium, sedangkan dari arab, mereka mendapatkan ajaran tentang prinsip
ekonomi, kemasyarakatn, dan ilmu pengetahuan.orang-orang turki usmani dikenal
sebagai bangsa yang senang dan mudah berasimilasi dengan bengsa lain dan
bersikap terbuka terhadap kebudayaan luar. Para ilmuan ketika itu tidak
menonjol, namun demikian mereka banyak berkiprah dalam pengembangan seni
arsitektur islam berupa bangunan-bangunan masjid yang indah seperti masjid
sultan muhammad al fatih, masjid sulaiman, dan masjid abu ayub al ansari.
Masjid-masjid tersebut dihiasi pula dengan keindahan kaligrafhi yang
indah.Salah satu masjid yang terkenal dengan keindahan kaligrafhinya adalah
masjid yang awalnya berasal dari gereja aya sophia.
1.Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi
melayani kegamaan, seperti masjid, makam, madrasah dan ada pula yang berfunsi
melayani kepentingan sekuler istana, benteng, pasar, dan lain sebagainya.
Setelah di temukan ladang minyak
pada tahun 1933, saudi arabia tidak lagi sebagai neraga miskin tetapi termasuk
salah satu negara kaya. Dengan kekayaan yang melimah, saudi arabia banyak
membangun jalan raya antar kota , jalan kereta api antara kota riyad dengan
kota pelabuahan ad-dammam di partai teluk persia.
Dibidang perhotelan telah dibangun
hotel-hotel mewah bertaraf internasioanal, antara lain terdapat di sekitar
masjidil haram mekah dan masjid nabawi madinah.
Masjidil haram artinya masjid yang
dihormati atau dimuliakan. Masjid ini berbentuk empat persegi terletak di
tengah-tengah kota mekah, serta merupakan masjid tertua di dunia. Di tengah
bangunan masjid itu terdapat ka’bah yang disebut juga dengan baitullah (rumah
allah) dan baitul aqiq (rumah kemerdekaan) yang telah di tetapak sebagai kiblat
umat islam seluruh dunia dalam mengerjakan shalat. Selain itu juga terdapat
hajar aswad (batu hitam yang terletak di dinding
ka’bah) makam ibrahim, hijr ismail, san sumur zamzam yang letaknya tidak jauh
dari ka’ah.
Masjid nabawi adalah sebuah majid
yang megah dan indah dan juga sangat luas. Pada masa nabi muhammad luas masjid
ini 2.500 m, dan kini luasnya menjadi 165.000 m(luas seluruh kota madinah pada
masa rasullah). Hal ini mengakibatkan makm nabi muhammad saw, abu bakar, umar bin
khatab yang dulu berada di luar masjid sekarang berada di dalam masjid.
Arsitektur yang berfungsi melayani
kepentingan agama dan kepentingan sekuler, selain terdapat di saudi arabia juga
terdapat di negara lain terutama yang mayoritas warganya muslim. Di iran ketika
dinasti qatar berkuasa tahun 1794-1925 setelah dibangun kota teheran sebagai
ibukota negara iran. Beberrapa peninggalan arisektetur pada masa dinasti qatar
adalah:
a.istana niavarand, tempat kediaman
syah muhammad reza pahlephi dan keluarganya.
b.pekuburan behesyti zahra (bahasa
persia artinya taman zahra, putri rasullah saw).
2. Sastra
Pada
masa pembaharuan muncul sastrawan yang karyanya bersifat islami di berbagai
negara, misalnya:
1.Muhammad
iqbal (1877-1938)
Beliau
telah mengungkapkan fulsafatnya dalam puisi dengan menggunakan bahasa urdu dan
persi. Dari karya puisinya yang penting adalah asrari khudi di samping karya
filsafatnya yang berjudul “ the recontruction of regelius though in islam”
yangtelah diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa indonesia.
2.Mustafa
lutfi al-manfaluti (1876-1926)
Seorang
sastrawan dan ulama al-azhar dan termasuk pengarang cerita pendek bergaya semi
klasik dan semi moderm.
3.Dr.
Muhammad husain haekal(1888-1956)
Pengarang
mesir terkenal yang telah menulis “hayatu muhammad” (sejara hidup nabi muhammad
saw) yang telah ditertibkan danterjemahkan dalam bahasa indonesia.
4.Jamil
sidqi az-zawi (1863-1936)
Di
irak terkenal sebagai perintis ajak modern dan seorang tua yang bernada keras
dan dikenal sebagai pembela hak-hak wanita bersama-sama dengan ma’ruf ar-rasafi
(1877-1945)
5.Abdus
salam al-ujaili 9 lahir tahun 1918)
Adalah
seorang sastrawan di suriah yang juga seorang dokter medis, aktif dalam
penulisan novel dan cerita pendek.
6.Peranan
perempuan dalam perkembangan sastra modern diantaranya aisyah abdurrahman.
3.Kaligrafi
Kata kaligrafi berasal dari bahasa
yunani kaligraphos atau kaligrafia. Kallos berarti indah dan
grapho berarti tulisan. Jadi kaligrafi adalah tulisan(aksara) indah yang
mempunyai nilai estetis. Dalam bahasa arab disebut dengan khatt yang
dalam pengertian sehari-hari bearti indah yangmemiliki nilai estetis.
Kaligrafi merupakan satu-satunya seni
islam, yang murni yang dihasilkan oleh orang islam. Kaligrafi terdiri dari enam
macam gaya atau dikenal dengan (the six hand/style).
E.Islam Pada Periode Modern
Periode
ini merupakan zaman kebangkitan islam. Ekspedisi napelion di mesir yang
berakhir pada tahun 1801, membuka mata dunia islam, terutama turki dan mesir,
akan kemundur dan kelemahan umat islam disamping kemajuan dan kekuatan barat.
Raja dan pemuka-pemuka islam mulai
berpikir dan mencari jalan untuk mengembalikan blance of power, yang
telah pincang dan membahayakan islam.
Kotak
islam dengan barat sekarang berlainan sekali dengan kotak islam dengan barat
periode klasik. Pada waktu itu, islam sedang menaik dan barat sedang dalam
kegelapan. Sekarang sebaliknya, islam sedang dalam kegelapan dan barat sedang
menaik. Kini, islam yang ingin belajar dari barat. Dengan demikian, timbulah
apa yang disebut pemikiran dan aliran pembaharuan atau mordenisasi dalam islam.
Pemuka-pemuka islam mengeluarkan pemikmiran-pemikiran bagaimana caranya membuat
umat islam maju kembali sebagaimana yang terjadi periode klasik. Usaha-usaha kearah
itu mulai dijalankan dalam kalangan umat islam. Akan tetapi, dalam hal itu
barat juga bertambah maju.
Ide-ide baru yang diperkenalkan
napoleon di mesir adalah:
a. Sistem negara republik yang kepala
negaranya dipilih untuk jangka waktu tertentu.
b. Persamaan(egalite).
c. Kebangsaan (nation). Raja dan para
pemuka islam mulai berpikir dan mencari jalan keluar untuk mengembalikan
balance of power yang telah membahayakan umat islam.
F.Proses Masuknya Islam ke Indonesia
Masuknya
agama islam ke indonesia hingga kini tidak diketahui waktunya dengan pasti.
Akan tetapi, beberapa ahli mengajukan pendapat mereka mengenai hal ini. Ada dua
pendapat mengenai masuknya islam ke indonesia. Pendapat pertama menyatakan
bahwa islam masuk keindonesia pada sekitar abad ke-7 M. Adapun pendapat kedua,
menyatakan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke-13 M. Pembawa agama
islam ke indonesia adalah kaum pedangang, para sufi, dan para mubalig. Penerima
ajaran islam di indonesia terbagi menjadi dua golongan lapisan bawah (rakyat
biasa). Masuknya islam ke indonesia melalui jalur perdagangan, perkawinan,
pendidikan, tasawuf, dan kesenian. Kerajaan diindonesia yang pertama disinggahi
agama islam adalah kerajaan samudra pasai, karena saat itu pasai menjadi pusat
perdagangan yang banyak disinggahi para pedagang dari berbagai negara.
Faktor-faktor yang menyebabkan agama
islam dapat berkembang cepat di indonesia adalah:
a. Syarat untuk masuk agama islam
sangat mudah.
b. Agama islam tidak mengenal kasta.
c. Penyebaran agama islam dilakukan
dengan damai.
d. Sifat bangsa indonesia yang ramah
tamah.
e. Upacara-upacara keagamaan islam
lebih sederhana.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Pada
masa pembaharuan modern islam ini banyak muncul tokoh-tokoh yang memberi
konstribusi dalam bidangpengetahuan islam. Meskipun ada sebagian pihak yang
memanfaatkanya dengan menyebarkan agama baru sehingga banyak orang yang imanya
lemah berpaling dan meninggalkan islam. Banyaknya oknum yang mengakubberagama
islam memanfaatkan status dengan memecahkan belah persatuan islam dengan
melakukan hal yang dilarang oleh agama seperti kasus pemboman yang membunuh
banyak orang ketika sedang melakukan ibadah shalat jum’at di masjid. Hal ini,
sebenarnya untuk menghancurkan persatuan umat islam karena beberapa orang
beranggapan bahwa pelakukanya adalah oknum dari agama lain.
Seharusnya ketika telah diadakanya
pembaharuan dalam islam ini kita sebagai umat islam seharusnya bisa mengambil
manfaat dari perkembangan tersebut diadakan untuk mengubah kebiasaan dan
perilaku buruk dari manusia itu sendiri.
B.Saran
Kita
sebagai generasi muda islam penerus bangsa sebaliknya dapat menjadikan
perkembangan pembaharuan islam modern ini sebagai suatu acuan untuk mengisi
hari-hari dalam kehidupan ini dengan lebih baik. Dan untuk memotivasi diri
sendiri agar tidak tidak terjebak dengan sesuatu yang menyesatkan karena
sekarang ini kita berada di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan di
berbagai bidang.
DAFTAR PUSTAKA
Http://hbis.
Wordpress.com/2008/12/16/perkembangan islam pada masamodern
Http;//sejarah.
Kompasiana.com/2010/10/09perkembangan islam masa modern 284074. Gtml
Http;//id.
Wikipedia.org/wiki/seni rupa islam
Prof.Dr. H. I. NURUL Aen,
MA.Sejarah peradaban islam, bandung: puistaka setia , 2008.
H.darsono. T. Ibrahim. Tonggak
islam kebudayaan islam, solo: tiga serngkai pustaka mandiri,2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar